Trip to Sumba (Day 5) : Pantai Walakiri dan Kampung Tenun

Pagi-pagi sekali kami bangun karena ingin menikmati sunrise di Pantai Walakiri yang berada di sebelah timur Waingapu. Dengan hanya cuci muka, jam 5 pagi kami sudah berangkat ke lokasi. Perjalanan sekitar 40 menit. Pantai Walakiri merupakan pantai pasir putih yang cukup landai. Saat tiba di sana kondisi pantai sedang surut sampai 500 meter sehingga area pantai menjadi sangat luas. Banyak hewan – hewan laut seperti rajungan, kerang, bulu babi, bintang laut, dan ikan kecil yang terjebak kondisi surut ini.
Semacam penginapan di Walakiri
Sunrise tertutup awan
Pantai Walakiri
Pada saat pasang, tempat saya berdiri ini diselimuti air
Anjing yang mengikuti kami terus saat di Walakiri
Good Boy
Bintang laut
Hati-hati banyak bulu babi
Ada satu spot unik yang menjadi ikon di Pantai Walakiri, yaitu kumpulan pohon bakau yang mirip seperti kebun bonsai. Lokasinya di ujung kiri pantai. Keunikan pohon bakau ini tidak kami lewatkan untuk berfoto-foto dan melihat lebih dekat. Apalagi laut lagi surut sehingga memudahkan kami menuju ke spot tersebut. Tapi hati-hati jangan sampai keinjek bulu babi ya.
Pepohonan bakau di Walakiri
I'm a part of them :-D
Karena inilah Pantai Walakiri berbeda dengan pantai yang lain
Closer look
Matahari sudah bersinar cerah, suhu udah agak panas dan kami meninggalkan lokasi. Rencananya kami kembali ke hotel dan berberes untuk menuju bandara karena hari ini merupakan hari terakhir kami di Sumba. Berhubung waktunya masih lama karena pesawat aku jam 11an, kami diajak Bang Joni untuk ke sebuah bukit yang bisa ngeliat  Bandara Waingapu dari ketinggian. Lokasinya memang tidak terlalu wow, tapi pengalaman baru bisa ngeliat bandara yang ujung landasannya diapit perbukitan. Harus waspada banget pilot kalau mau terbang atau mendarat di bandara ini.
Perjalanan dari Walakiri ke Waingapu
Jalanan rame pada mau berangkat ke sekolah
Landasan Pacu Bandara Waingapu dari atas bukit
Sungai dengan pulau ditengah yang katanya berbentuk kayak perahu
Hati-hati kalau mau foto di pinggir tebing
Balik ke hotel, sarapan pagi, mandi, beres-beres trus check out menuju ke bandara. Kita singgah dulu beli oleh-oleh di Toko Utama yang merupakan pusat oleh-oleh terkenal di Waingapu. Ada kopi khas sumba, berbagai olahan kacang mede, aneka snack dll. Kelar belanja, rasanya masih terlalu cepat kalau ke bandara. Bang Joni mengajak kami menuju ke sebuah kampung tenun yang lokasinya masih di Kota Waingapu.
Kampung Tenun di Waingapu
Ukiran di halaman rumah
Di sana kami di sambut oleh ketua perkumpulan penenun, Rambu Ana. Kami diajak untuk melihat proses membuat tenun sumba mulai dari memintal benang, mewarnai, membuat motif, menenun, sampai menjadi kain yang prosesnya bisa 6 bulan sampai 1 tahun tergantung tingkat kerumitan. Material yang digunakan juga dari bahan-bahan alami. Mulai dari benang maupun warna yang digunakan. Jadi jangan heran ya kalau harganya bisa mencapai jutaan. Bahkan untuk kain yang berumur ratusan tahun bisa mencapai 50 juta. Adakah yang beli? Jawabannya banyak. Rambu Ana gak pernah sepi orderan. Bahkan beliau kewalahan untuk memenuhi permintaan konsumen.
Pemintalan benang
Membuat motif

Persiapan menenun
Proses menenun
Kami diajak masuk ke sebuah rumah yang dijadikan gallery kain-kain dan kerajinan khas sumba. Kainnya bagus-bagus banget dan tiap kain itu ada filosofinya. Banyak dipajang juga foto artis dan pejabat yang pernah berkunjung kesini. Walaupun kami gak membeli, tapi Rambu Ana tetap dengan senang hati menjelaskan kain-kain tersebut bahkan kami dibolehkan mencoba mengenakannya untuk berfoto. Big Thanks for Rambu Ana, semoga sukses dan berjaya terus tenun khas Sumba. J
Rambu Ana menjelaskan makna dari motif di tiap kain
Indah banget ya kainnya. Kualitas gak pernah bohong.
Aneka aksesoris khas Sumba
Foto-foto orang terkenal yang pernah berkunjung ke sini

Katanya kalau saya keluar pakai kain motif ini akan disegani masyarakat karena motif yang dipakai untuk keluarga bangsawan. Hmm.. :-)
Finally kami diantar Bang Joni menuju Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu. Tandanya berakhir sudah trip Sumba ini. Sedih sih (kok jadi baper ya). Perjalanan 5 hari 4 malam yang mengesankan. Melihat indahnya alam dan budaya Sumba. Ini menjadi pengalaman yang akan terus dikenang. Semoga bisa berkunjung kesini lagi mengexplore keindahan Sumba yang lain, nonton pasola, atau nginap di resort terbaik sedunia Nihiwatu. Aminnnn. Hehe.. Thanks buat my travelmate, Bunga. Walaupun serba dadakan dan banyak drama sebelumnya, tapi terlaksana juga ya. Buat driver kami, Om Piet dan Bang Joni semoga bisa ketemu di lain waktu. Huhu..